Newsletter

Suka Dengan artikel Di blog Ini, Masukkan alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk berlangganan artikel Blog Ini GRATISS...!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Popular posts

Banner Musuh

Photobucket
(SYMOI) gubuk blekenyek cooltext433177153
http://borneoblogger.com/
logo Paddi Blog

Your Banner Here. .!!
Fatkhan On Kamis, 14 Mei 2009



Krisis ekonomi dunia juga berdampak terhadap penggunaan software bajakan. IDC mencatat bahwa konsumen dengan daya beli yang menurun diyakini akan menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lebih lama.

Menurut Victor Lim, Vice President Asia Pasific Consulting Operation IDC, hal inilah yang justru akan mendorong meningkatnya pembajakan. "Karena komputer lama lebih besar kemungkinannya menggunakan piranti lunak bajakan," lanjutnya.

Donny A. Sheyoputra, Kepala Perwakilan Business Software Alliance di Indonesia pun mengakui hal tersebut. Ditambahkannya, jika konsumen membeli produk di waktu sekarang, maka sudah lebih banyak penjual yang menyodorkan produk baru tersebut dengan software resmi.

Contohnya saja di pusat perdagangan komputer Mangga 2 dan Glodok, Jakarta, saat ini sudah jarang komputer rakitan yang dijual dengan langsung dipasangkan software bajakan di dalamnya. Andai pun ada, paling dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Bandingkan dengan 1-2 tahun lalu, ketika konsumen ingin membeli komputer rakitan maka seakan otomatis sudah diisi dengan software bajakan. Penjualnya pun sudah tak malu-malu lagi.

Saat ini, lanjut Vincent, contoh yang paling konkret adalah semakin banjirnya permintaan laptop murah atau yang biasa disebut netbook. Dengan harga yang terjangkau. konsumen sudah dapat mendapatkan hardware sekaligus software asli di dalamnya.

"Melemahnya daya beli masyarakat hanyalah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi pembajakan piranti lunak," ujar Vincent dalam keterangannya, Selasa (12/5/2009).

"Krisis ekonomi akan memberikan dampaknya, sebagian negatif, sebagian positif, tapi itu hanya akan menjadi salah satu dari banyak faktor, dan baru akan menjadi lebih jelas saat angka-angka untuk tahun 2009 muncul," pungkasnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments