Newsletter

Suka Dengan artikel Di blog Ini, Masukkan alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk berlangganan artikel Blog Ini GRATISS...!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Popular posts

Banner Musuh

Photobucket
(SYMOI) gubuk blekenyek cooltext433177153
http://borneoblogger.com/
logo Paddi Blog

Your Banner Here. .!!
Fatkhan On Selasa, 08 September 2009

Inilah pertanyaan-inilah yang paling sering ditanyakan oleh para blogger pemula kepada saya: Bagaimana agar trafik ke blog jadi tinggi? Bagaimana agar posting blog kita segera muncul di hasil pencarian Google? Bagaimana cara menerapkan SEO (search engine optimization)? Mengapa Page Rank (PR) saya masih rendah?

Beberapa pertanyaan di atas juga kembali dilontarkan kepada saya oleh sejumlah peserta Talkshow Internet dan Pendidikan yang digelar oleh Astamedia Group di Hotel Horison Makassar Sabtu (16 Mei) kemarin.

Jawaban saya, pada intinya, jika Anda baru saja mulai ngeblog, lupakan semua pertanyaan di atas! Sebab pertanyaan dan pertimbangan semacam itu hanya akan mengusik konsentrasi Anda menulis dan ngeblog dan akibatnya Anda akan jadi tidak mood dan ujung-ujungnya malas akan menyerang Anda.

Buat rekan-rekan yang baru ngeblog, berikut sedikit tips dari saya:

  1. Mulai dan teruslah ngeblog: Tulislah posting-posting baru. Posting bisa berupa tulisan, link-link menarik disertai sedikit deskripsi atau komentar, foto atau video yang unik, dan lain sebagainya.
  2. Soal waktu, biarkan mengalir: Ngebloglah ketika Anda ingin ngeblog. Untuk tahap awal, tidak usah dipaksakan harus menaati jadwal tertentu.
  3. Tulislah topik-topik yang disenangi: Jika belum tertarik menulis topik yang spesifik, tulislah hal-hal di sekitar Anda dulu. Pengalaman, opini, resensi buku, apa pun.
  4. Abaikan soal teknis: Hindari dulu pertimbangan-pertimbangan teknis yang bisa mengganggu: soal trafik, hasil pencarian Google, SEO, Page Rank dan seterusnya. Soalnya ini adalah urusan blogging yang sudah advance.
  5. Jangan lupa evaluasi: Setelah mencapai periode tertentu, tiga atau enam bulan, cobalah evaluasi, apa yang sudah Anda lalui. Saya kira Anda akan dapat menemukan kesimpulan yang Anda rumuskan sendiri.
Sesuatu yang ditemukan secara alamiah, berdasarkan pengalaman sendiri, jauh lebih berharga. Nah, itulah yang akan jadi modal bagi Anda untuk terus ngeblog dan –siapa tahu– bisa berkiprah di situ

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. it's a great tips. . .thx tips'nya,,kyk'nya prlu diterapin nih. .

    BalasHapus