Newsletter

Suka Dengan artikel Di blog Ini, Masukkan alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk berlangganan artikel Blog Ini GRATISS...!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Popular posts

Banner Musuh

Photobucket
(SYMOI) gubuk blekenyek cooltext433177153
http://borneoblogger.com/
logo Paddi Blog

Your Banner Here. .!!
Fatkhan On Rabu, 24 Juli 2013

Pengertian DatabaseBerguna untuk menyimpan data-data website. Database terdiri dari bermacam-macam jenisnya seperti : mysql, sqlserver, mssql, access, postgree, oracle, dll. Kesemuanya mempunyai kegunaan untuk menyimpan data yang dibutuhkan oleh suatu website.

Setiap database terdiri dari beberapa tabel. Tabel berfungsi mengelompokkan data-data yang disimpan dalam database. Penamaan tabel biasanya didasarkan pada kubuthan penyimpanan data dan penamaannya tidak dibenarkan menggunakan spasi atau tanda baca. Jika dibutuhkan spasi menggunakan tanda underscore (_) sebagai contoh untuk tabel buku tamu biasanya dituliskan sebagai berikut buku_tamu atau bk_tm.
Tabel terdiri dari Kolom dan Baris. Kolom biasa disebut dengan field. Pertama kali setelah membuat tabel harus ditentukan juga jumlah field dan setting dari masing-masing field tersebut. Untuk field juga memiliki tipe yang berbeda-beda.
Beberapa Tipe Field Tabel
No
Tipe Field
Keterangan
Contoh
1
BigIntDigunakan untuk menyimpan data berupa angka 0 sampai dengan 9 dengan jumlah karakter tanpa batas1234589750014245325651
12546
2
IntInterger berfungsi untuk menyimpan data berupa 0 sampai dengan 9 dengan jumlah karakter minimum berkisar -32000 dan jumlah karakter maksimum berkisar +320001564230526
-5421
-20542
3
CharChar merupakan kepanjangan dari Character yang berfungsi untuk memberikan karakter berupa huruf,angka dan tanda baca dengan jumlah karakter maksimal 255 karakterSaterlat.comhttp://www
belajar website
4
TextMempunyai fungsi sama dengan Char tetapi jumlah karakter yang digunakan tidak terbatasSekarang bukan saatnya bertanya lagi bukan?
Beberapa Option Field Tabel
No
Option
Keterangan
1
AIAuto IncrementMerupakan fungsi yang secara otomatis akan menambah nilai baris dimulai dari angka 1 dan akan bertambah satu secara terus menerus.
2
PrimaryMemberikan tanda suatu field sebagai id yang unik dan tidak boleh mengandung baris yang isinya sama dengan baris yang lain. Dalam satu tabel hanya boleh terdapat satu field yang beroption Primary

Selain Tipe Field dan Option Tabel diatas masih terdapat option dan tipe tabel yang lain, jumlah diatas hanyalah yang sering digunakan dan sebagai dasar pembelajaran.
Database juga perlu kita lakukan backup berfungsi untuk menjaga jika suatu saat terjadi error pada database kita bisa mengembalikan dengan merestore database yang sudah dibackup. Dengan demikian kehilangan data akan lebih bisa diminimalis.
KONEKSI DATABASE
Untuk membuat suatu koneksi kedatabase dibutuhkan sutau script berbasis php dengan sintaks.
mysql_connect(‘’,’’,’’);
mysql_select_db(‘’);
Sebagai contoh :
mysql_connect(‘localhost’,’root’,’pass’);
mysql_select_db(‘meriam’);
ket :
localhost = nama host servernya
root = username databasenya
pass = password databasenya
meriam = nama tabelnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments