Newsletter

Suka Dengan artikel Di blog Ini, Masukkan alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk berlangganan artikel Blog Ini GRATISS...!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Popular posts

Banner Musuh

Photobucket
(SYMOI) gubuk blekenyek cooltext433177153
http://borneoblogger.com/
logo Paddi Blog

Your Banner Here. .!!
Fatkhan On Jumat, 02 Oktober 2009

simon_robot_meka_torsoxx1Sebuah innovasi dilakukan oleh Dr. Andrea Thomaz dari Georgia Tech yang mengembangakan sebuah robot dengan nama Simon yang membunyai keahlian study human-robot interaction yang berarti robot ini akan mengambil keuntungan dari aktifitas social si sekitarnya untuk belajar.

Simon didesain untuk bekerja layanya manusia. Ini pula yang membuatnya dibangun begitu istimewa dengan articulated torso, dual 7-DOF arms, dan tangan anthropomorphic yang didesain oleh Meka Robotics.

Dengan keleluasaan gerakannya, simon bahkan bisa menirukan dari apa yang didemonstrasikan di depannya. Ini pula yang menjadi metode bagi Simon untuk belajar. Yakni memperhatikan aktivitas social di sekitaranya untuk mentransoframsikan sebagai perintah. Baik dari manusia maupun dari robot lain.

Hal menarik lainnya adalah robot ini mempunyai kapala yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa menunjukkan ekspresinya melalaui mimiknya. Bahkan untuk mempertegas “mood” nya, robot ini juga dilengkapi lampu yang bisa berganti ganti warna menyesuaikan kehendak robot tersebut.

Walaupun robot ini masih dalam taraf pengembangan namun Dr. Andrea Thomaz mendapatkan penghargaan dari MIT Tech Review 2009 Young Innovators Under 35 Award
Atas karya innovatifnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments